Banyak Tapal Batas Desa Masih Belum Jelas

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Tapal batas tak jarang menjadi masalah antar kedua daerah yang bersebelahan. Karena itu, penyelesaian masalah tapal batas penting dituntaskan segera mungkin agar tak menimbulkan persoalan baru.
Terkait ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel untuk segera menyelesaikan permasalahan tapal batas antara desa. 
"Penyelesaian itu sangat penting untuk kepastian hukum di daerah perbatasan antara desa maupun di wilayah kabupaten sendiri," terang Ketua Komisi I DPRD Barsel, H Raden Sudarto, Kamis (26/3/2020).
Menurutnya, penyelesaian masalah tapal batas ini sudah menjadi keinginan dewan. Karena itu, Pemkab Barsel harus segera mentuntaskan permasalahan ini.
Sebab, lanjutnya, masih banyak tapal batas antar desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Barsel yang sampai sekarang tidak jelas.
"Hal ini menyebabkan sering terjadi konflik lahan di daerah perbatasan antar desa," ungkap Raden kepada metrokalimantan.com.
Ia menambahkan, beberapa fesa yang hingga kini tapal batasnya belum selesai, di antaranya Desa Sanggu dan Desa Sababilah, Desa Muara Arai dengan Desa Mangaris, Desa Patas dengan Desa Muara Singan dan beberapa Desa lain.
"Selaku wakil rakyat, saya meminta Pemkab agar permasalahan ini segera diselesaikan dalam beberapa bulan ini," tutupnya.[deni]

loading...
TAG