Antipasti Banjir, Jangan Buang Sampah Sembarangan

Print Friendly and PDF
BUNTOK – Sampah terbukti menjadi salah satu penyebab banjir. Karena itu, warga tak seharusnya membuang sampah secara sembarangan. Apalagi saat ini tengah musim hujan.
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan, Hermanes, Rabu (18/3/2020) mengimbau masyarakat Barsel untuk tidak membuang sampah ke sungai. 
Sebab, lanjutnya, kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai mengakibatkan banjir, di samping juga bisa menjadi sarang penyakit. 
Lantaran kekhawatiran perihal itu, Bupati Barsel juga sudah meminta masyarakat untuk membuang sampah pada bak sampah yang telah disediakan pemerintah.
“Hendaknya kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai dihentikan sejak sekarang,” pintanya. 
Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat lebih peduli akan kebersihan sekaligus perlahan mencoba untuk merubah kebiasaaan buruk itu.
Menurut Hermanes, membuang sampah ke sungai, selain bisa menjadi sarang penyakit, sikap itu juga berdampak pada buntunya drainase aliran air yang berakibat pada bencana banjir.
Ia meminta untuk meletakan kantong sampah yang telah dikemas ke depan rumah atau di TPS yang telah disediakan. Langkah ini dinilai sangat efektif dan efisien dalam penanggulangan sampah.
“Cara ini juga sangat efektif untuk membantu petugas kebersihan dalam membersihkan sampah,” tutupnya.[deni]
loading...
TAG