Orangtua Berperan Aktif Bentuk Karakter Generasi Bangsa

Print Friendly and PDF
BUNTOK – Peran orangtua sangat vital dalam menjauhkan anak-anaknya dari pergaulan maupun perbuatan negative. Tak terkecuali dalam turut serta memerangi peredaran narkoba.
Anggota DPRD Barito Selatan, Jarliansyah, Senin (10/2/2020) mengatakan, peran orang orangtua juga sangat sentral dalam memerangi peredaran narkoba bagi buah hatinya di rumah. 
Sebab, lanjutnya, kedua orangtua merupakan seseorang yang paling dekat dengan putra maupun putri mereka di rumah. 
"Peran aktif kedua orangtua bisa dengan melakukan pengawasan kepada anaknya,” tuturnya kepada metrokalimantan.com.
Menurutnya, peran orangtua sangat penting agar dalam setiap pergaulan sehari-hari di lingkungan sekitar tidak mudah terpengaruh perihal negatif.
Jaliansyah menjelaskan, selain melakukan pengawasan pergaulan, peran kedua orangtua dalam membentuk perilaku maupun mental sangat berpengaruh. 
“Orangtua bisa melakukannya melewati pendekatan dan pendalaman agama kepercayaan,” imbuhnya.
Politisi dari Pdip Perjuangan ini menambahkan, penggunaan obat terlarang, minuman keras atau penyalahgunaan obat-obatan kini, sudah mengkhawatirkan. 
“Kalau orangtua hanya mengandalkan pihak sekolah dalam pengawasan dan pembentukan perilaku positif anak, tentu tidak akan berjalan maksimal,” jelasnya.
Itu karena lingkungan sekolah memiliki keterbatasan pengawasan bagi anak didiknya. Selain itu, peran orangtua juga dituntut mampu membina mentalitas anak, sekaligus menjadi panutan positif di rumah. 
"Dengan cara memberikan contoh yang baik sebagai seorang ayah dan ibu di rumah, anak-anak akan tumbuh kembang sesuai harapan," pungkasnya.[deni]
loading...
TAG