Ingatkan Warga di Musim Hujan, Ini Imbauan Jarliansyah

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Kewaspadaan tinggi akan potensi banjir dan serangan penyakit di tengah musim hujan seperti sekarang harus dilakukan.
Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Jarliansyah, Selasa (21/1/2020) mengatakan, debit air Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito hingga danau, rawa, dan sumur, kini meninggi.
Kondisi ini, lanjutnya, berpotensi membuat air rentan terkontaminasi bermacam bakteri. Karena itu masyarakat harus waspada mengingat bisa dengan mudah terserang penyakit, khususnya pada anak-anak dan balita. 
"Masyarakat hendaknya mengurangi aktivitas di sungai, rawa, dan tempat-tempat di mana ada genangan air seperti pada selokan dan kolam," ucap legislator dari PDIP ini.
Ia mengingatkan, salah satu upaya agar terhindar dari serangan penyakit di musim penghujan bisa dengan cara tidak mengonsumsi air tanpa direbus terlebih dahulu. 
Jarliansyah juga menekankan masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan serta membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
"Karena cara tersebut bagian dari upaya pencegahan agar tidak terserang penyakit," jelasnya. 
Tidak hanya itu saja, Ia mengingatkan masyarakat agar waspada bahaya terseret arus atau korban tenggelam di saat musim penghujan saat ini, khususnya bagi warga yang tinggal di bantaran sungai.
"Kewaspadaan sejak dini perlu diperhatikan, karena hal itu merupakan langkah untuk mencegah terjadinya kasus korban terseret arus dan tenggelam di sungai," tutupnya.[deni]
loading...
TAG