Gini Rasio di Kapuas Relatif Stabil

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Seiring penurunan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menjadikan angka kemiskinan juga terus menurun hingga mencapai angka 5,20 persen pada 2018 lalu.
Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kapuas, Ahmad M Saribi saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (19/2/2020).
Menurut Saribi, kondisi ini dapat menjadi indikator bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di Kapuas terus semakin membaik, yang ditandai dengan angka gini rasio yang cukup stabil pada angka 0,3 persen.
“Dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat di Kapuas yang terus membaik, menjadikan turunnya angka kemiskinan hingga mencapai angka 5,20 persen pada tahun 2018 lalu, yang pada tahun 2017 berada di angka 5,32 persen,” terang Saribi.
Saribi menambahkan, dari angka gini rasio dapat ditunjukkan tingkat kesenjangan antar penduduk, sehingga semakin mendekati angka 0 yang berarti kesenjangan antar penduduk menurun seperti halnya yang terjadi di Kapuas. 
Selama kurun waktu enam tahun terakhir (2013-2018) di masa kepemimpinan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, tingkat kesejahteraan masyarakat di Kapuas cenderung mengalami kenaikan. 
"Ini tercermin dari semakin menurunnya kondisi kemiskinan di Kapuas yang didapat dari beberapa indikator, di antaranya angka kemiskinan, angka pengangguran dan gini rasio," tukasnya.[zullkifli]

loading...
TAG