Puncak HAB, Bupati Edy Sampaikan Amanat Menag

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Puncak Hari Amal Bakti (HAB) ke-74, di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pulang Pisau diakhiri dengan kegiatan apel bersama di halaman kantor Kemenag setempat, Jumat (3/1/2020).
Apel diinspekturi langsung oleh Bupati Edy Pratowo, diikuti seluruh ASN dan non ASN di bawah naungan Kankemenag Pulang Pisau.
Menyampaikan amanat Menteri Agama (Menag) RI, Bupati Edy Pratowo menyebutkan, peringatan HAB tahun ini merupakan sebuah refleksi rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kemenag terdahulu.
"Kita semua bisa berdiri ditempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu," ucapnya.
Lanjut Edy, Kemenag telah dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama HM Rasjidi. Sesuai UUD Negara Indonesia Pasal 29 menegaskan bahwa negara berdasar atas Ketuhanan yang Maha Esa. 
"Jadi negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing, dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu," imbuhnya.
Sehingga dengan itu, masih dalam poin amanat Menag, agama dan negara saling membutuhkan dan saling mengkokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.
Sejalan dengan tema HAB Kemenag ke-74, yakni  "Umat Rukun Indonesia Maju", dirinya mengajak seluruh jajaran Kemenag di Kabupaten Pulpis untuk menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air bumi pertiwi ini.
"Karena kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional," tutupnya.
Sementara, pada kesempatan yang sama, Kepala Kemenag Pulpis, H Masrani menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati, Forkopimda dan seluruh pejabat stakeholder di Kabupaten Pulpis, atas jalinan kerjasama yang selama ini terbina dengan baik dan harmonis.
"Ini merupakan wujud nyata dari simbol Handep Hapakat untuk kemajuan Kabupaten yang kita cintai ini," kata Masrani.
Kemudian, dirinya berpesan kepada seluruh  pegawai yang berkumpul dan berkesempatan hadir pada saat ini, agar dapat meningkatkan kualitas lembaga Kementerian Agama melalui kinerja dan pelayanan terbaik nya.[manan]
loading...
TAG