Prosesi Akad Nikah, KUA Kapuas Murung Sampaikan Nasihat Perkawinan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Selain memimpin prosesi akad nikah, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, juga tidak jarang dimintai oleh kelurga mempelai untuk menyampaikan nasihat perkawinan kepada pasangan pengantin.
H Nabchan, Kepala KUA Kapuas Murung, Sabtu (4/1/2020) memaparkan, tujuan pemberian nasihat di antaranya untuk meningkatkan mutu perkawinan guna mewujudkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah, sesuai ajaran Islam.
Selain itu, juga agar kehidupan rumah tangga tetap sehat, harmonis dan mampu menghadapi beragam tantangan dan persoalan hidup.
Menurutnya, perkawinan harus di topang oleh 4 pilar. Pertama, hubungan perkawinan adalah berpasangan (zawaj) suami istri rasa saling memiliki, saling cinta kasih sehingga akan membuat suami isteri merasa tentram," 
Kedua, perkawinan adalah perjanjian yang kokoh (mitsaaqan ghalizha), pasangan suami istri mengikat janji untuk menjaga hubungan agar lestari dan membawa kebaikan bersama. Ketiga, perkawinan perlu dibangun dengan sikap dan hubungan yang baik.
"Terakhir perkawinan dikelola dengan prinsip musyawarah, saling berkomunikasi, saling tukar pendapat, sehingga tumbuh dalam rumah tangga Rasa saling harga menghargai antara suami istri,” kata Nabchan.[zulkifli]

loading...
TAG