Antisipasi Luapan Air, Kades dan Warga Mantaren II Bersihkan Sungai

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Pencegahan meluapnya air dampak dari hujan deras yang melanda wilayah Pulang Pisau beberapa pekan terkahir ini, dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.
Bersama warganya, perangkat Pemdes melaksanakan kerja bakti atau gotong royong membersihkan saluran air di Sungai Malang, tepatnya di depan SMPN 4 Kahayan Hilir.
"Kegiatan yang kita lakukan bersama warga berlangsung di lingkungan RT I, II, dan III. Ini untuk mencegah menguapnya air saat hujan," terang Kades Mantaren II, Agus Imam saat dikonfirmasi wartawan ini, Minggu (12/1/2020).
Menurut Agus, pembersihan saluran air di Sungai Malang ini oleh warga ini, tidak lain upaya mereka dalam mengantisipasi luapan air yang dalam sepekan terakhir merendam halaman SMPN 4 Kahayan Hilir dan sejumlah halaman warga desa setempat.
"Jadi, gotong-royong ini kita lakukan agar air dapat mengalir dengan lancar, jadi tidak merendam halaman sekolah maupun halaman warga lagi," katanya.
Menurutnya lagi, rotong-royong yang dilakukan pihak desa dan warga tersebut, karena sejauh ini perawatan rutin dari pihak terkait ataupun dinas terkait belum pernah dilakukan, sehingga desa dan warga berinisiatif untuk melakukan gotong-royong bersih sungai.
"Belum ada perawatan saluran dari dinas terkait selama ini, jadi hari ini kita ajak warga bersih-bersih sungai," tutupnya.[manan]
loading...
TAG