Tingkatkan Mutu Pelayanan Posyandu, DPMD Gelar Penguatan Pokjanal

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kapuas menggelar kegiatan Penguatan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) dan Kelompok Kerja (Pokja) Posyandu.
Kegiatan dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat, Rabu (11/12/19) pagi, di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas.
Dalam sambutannya, Ari menyampaikan, dalam program tim penggerak PKK Kabupaten Kapuas ada PAUD holistik terintegratif yang mana di dalamnya ada pos layanan PAUD serta pemberian pelayanan posyandu dan pelayanan bersama bina keluarga Balita.
Sementara untuk para camat dan Ketua TP PKK Kecamatan serta semua yang terkait agar tidak mensia-siakan waktu yang berarti. Harus ada eksekusi yang baik dalam penanganan hal tersebut saat kembali ke kecamatan maupun desa masing-masing.
"Kita berharap agar kegiatan seperti ini dapat selalu digelorakan dan dilaksanakan serta saat pulang dari kegiatan ini dapat langsung turun tangan dengan hati dingin untuk menyentuh masyarakat agar posyandu dapat dilaksanakan dengan baik," kata Ary.
Diharapkan adanya penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita serta terjadi gizi yang baik sehingga dapat dilakukan penurunan angka stunting.
Yanmarto, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut guna meningkatkan mutu pelayanan dan pengelolaan Posyandu di Kabupaten Kapuas.
"Agar dapat terarah, terpadu dan terintegrasi mealalui Pokjanal dan Pokja Posyandu baik di kecamatan maupun Desa di Kabupaten Kapuas," kata Yanmarto.
Selain itu, lanjut dia, guna meningkatkan peran lintas sektor melalui pemberdayaan masyarakat terkait penurunan angka kematian ibu, bayi ataupun anak Balita.
"Tugas besar 2020 melakukan gerakan yang terkait penanggulangan dan penanganan stunting, sembari mengajak untuk bersama-sama menyatukan langkah dan pikiran dalam penanganan hal tersebut," pungkas Yanmarto.
Kegiatan ini diikuti para Ketua TP PKK Kecamatan beserta Camat dan para Kader Posyandu perwakilan masing-masing Kecamatan serta SOPD terkait.[zulkifli]
loading...
TAG