Tingkatkan Kapasitas, 20 Kader Tagana Muda Ikuti Pemantapan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sebanyak 20 kader taruna siaga bencana atau Tagana muda Kabupaten Kapuas mengikuti kegiatan pemantapan, 12 hingga 14 Desember 2019, di sanggar Pramuka, Jalan Keruing Kuala Kapuas.
Pemateri dalam kegiatan tersebut terdiri dari Dinas Sosial Provinsi Kalteng dan Tagana Provinsi Kalteng serta Dinsos dan Tagana Kabupaten Kapuas serta OPD terkait.
"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas personal kader baik itu secara fisik dan kemampuan penanggulangan bencana," kata Kepala Dinas Sosial Budi Kurniawan, Jumat (13/12/2019).
Sehingga, kata Budi, akan terbentuk kader yang sigap dan tanggap dalam menghadapi bencana. Sejatinya bencana bukanlah sesuatu hal yang diharapkan setiap orang, namun perlu kesiapan, kesigapan dalam penanggulangannya.
"Peran fungsi Tagana pada masyarakat juga perlu dilakukan, agar masyarakat dapat memahami tugas dan fungsi Tagana sebagai pembantu masyarakat," imbuhnya.
Tagana, lanjutnya, merupakan relawan sosial yang dilatih dan difasilitasi dalam penanggulangan bencana yang diharapkan mampu menjadi bagian paling depan di tengah-tengah masyarakat dalam menanggulangi bencana.
"Tagana bukan hanya relawan biasa namun merupakan relawan yang tanggap dan sigap dalam menanggulangi bencana, maka sudah sepantasnya para anggota Tagana harus memiliki sikap sosial yang tinggi yang menjadi modal berharga dalam pelaksanaannya dilapangan nanti," pungkas Budi.[zulkifli]
loading...
TAG