Terobosan Inovasi, Sejumlah Madrasah di Kapuas Ujian Berbasis Android

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kemajuan teknologi mampu memberikan kemudahan termasuk dalam pelaksanaan ulangan di sekolah. Seperti kali ini, inovasi terobosan sejumlah madrasah di Kabupaten Kapuas, Kalteng melaksanakan ulangan semester atau Penilaian Akhir Semester (PAS) berbasis android.
Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kemenag Kapuas, H Sajarwan, Rabu (4/12/2019) mengatakan, saat ini sedang berlangsung ulangan madrasah tingkat Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah  (MTs).
"Untuk MA dan MTs sebagian sudah melaksanakan ulangan berbasis komputer android," kata Sajarwan.
Menurutnya, server yang digunakan untuk ujian nasional beberapa waktu lalu bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan PAS berbasis android dan komputer.
"Alhamdulillah, pelaksanaannya pun sejauh ini dapat berjalan lancar, kendati dilakukan bergantian melalui beberapa sesi," terangnya.
Dikatakannya, langkah pihak madrasah melakukan inovasi PAS berbasis android tersebut agar pelaksanaan ulangan semakin mudah, modern dan efesiensi biaya. 
Sebelumnya, pelaksanaan ulangan dengan cara manual dan sekolah mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk menggandakan soal-soal.
"Namun dengan aplikasi berbasis android ini sekali investasi bisa digunakan untuk ulangan atau ujian selanjutnya," kata Sajarwan.
Diharapkannya, para peserta didik semakin mudah dalam pelaksanaan tugas ulangan semester. Pun demikian dengan guru, juga tak perlu kesulitan memeriksa hasil ulangan siswa.[zulkifli]

loading...
TAG