Rakor Kependudukan, Bupati Ben Tekankan Pentingnya Pemutakhiran Data

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS, MK - Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat dalam amanat tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengimbau kepada para camat dan lurah/kepala desa akan pentingnya pemutakhiran data kependudukan maupun data kependudukan perseorangan.
Ia memaparkan, kesadaran akan pentingnya data kependudukan, data perseorangan maupun agregat penduduk berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang dibersihkan setiap semester, dua kali dalam setahun berasal dari data harian, bersifat dinamis dari laporan peristiwa penting seperti kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, pindah datang penduduk dan peristiwa yang berhubungan dengan kependudukan dan pencatatan sipil, agar mendapatkan data yang valid demi kelancaran pelayanan.
Hal tersebut disampaikannya dalam rapat koordinasi (rakor) pemanfaatan data kependudukan yang digelar Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas bersama Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Tengah di aula Bappeda Kapuas Kamis (12/12/2019).
Rakor tersebut digelar bertujuan mengoptimalisasikan pemanfaatan untuk pelayanan publik.
Rapat dipimpin Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor dihadiri Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Tengah Brigong Tom Moenadaz, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas Ruseni, unsur Forkopimda, kepala OPD Kabupaten Kapuas, para camat, lurah, kepala desa se-Kabupaten Kapuas, Bawaslu serta perwakilan dari KPU setempat.
Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas, Ruseni menyampaikan, Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas telah melakukan langkah inovasi.
"Disdukcapil Kapuas saat ini menerapkan tanda tangan elektronik untuk data kependudukan akta kelahiran agar mempercepat layanan kepada publik," terang Ruseni.
Acara rakor diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan kepada kecamatan, kelurahan/desa yang menjadi pelaksana terbaik Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.[zulkifli]

loading...
TAG