Puluhan Massa Kawal Sidang Perkara Karhutla di PN Kapuas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sidang  perkara pidana kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) dengan terdakwa Layur bin Juri, seorang peladang berusia 89 tahun menjadi perhatian.
Puluhan masa mengikuti jalannya sidang pada Senin, (16/12/2019), dengan agenda putusan, di mana dalan sidang di Pengadilan Negeri Kuala Kapuas tersebut terdakwa dijatuhi hukuman 6 bulan kurungan.
Frimantir dari organisasi Fordayak Kapuas mengatakan, merasa peduli dirinya bersama puluhan anggotanya sengaja datang untuk memantau langsung jalannya persidangan.
"Kami di sini untuk memberikan dukungan moral, sejak awal kami memantau dan  mengawal proses kasus ini," ucapnya.
Selain itu, puluhan mahasiswa BEM STIH juga turut mengikuti jalannya persidangan. Gusti, salah satu dosen STIH menyampaikan, pihaknya menghormati putusan majelis hakim, namun tetap merasa prihatin kepada terdakwa.
"Masalah keadilan hukum dan ketegasannya, yang perlu dipertimbangkan  itu adalah usia, ketika didapatkan vonis 6 bulan itu seharusnya ada lagi bisa menurunkan di bawah itu. Karna pertimbangan usia dan beliau sakit-sakitan," tandas Gusti.
Sementara itu, jalannya sidang juga dalam pengawalan aparat kepolisian setempat, dan selama berlangsung hingga berakhir suasana  aman dan kondusif.[zulkifli]
loading...
TAG