Pemdes Sei Hambawang Salurkan Obat Pertanian ke Petani Desa

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Upaya menyejahterakan masyarakat petani, tidak hanya dilakukan pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya.Tetapi hal ini juga bisa dilakukan pihak Pemerintah Desa (Pemdes). 
Seperti yang tengah dilakukan Desa Sei Hambawang, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, di mana pihaknya melalui Dana Desa (DD) tahap III melakukan pembagian obat pertanian ke sejumlah petani di desa setempat.
"Pembagian obat pertanian ini dari anggaran Dana Desa yang kita khususkan untuk petani Sei Hambawang," ujar Sekdes Desa Sei Hambawang, Rapani, Kamis (26/12/2019).
Menurutnya, secara teknis pembagian obat pertanian ini melalui pendataan terhadap warga yang memang benar-benar bertani, sehingga penyalurannya tepat sasaran.
"Setelah kita data, desa membikin undangan atau pemberitahuan langsung ke petani melalui kupon," ucapnya.
Diterangkannya, pembagian ini bertepatan dengan musim bertani, adapun jenis obat yang disalurkan, diantaranya Gramaxon untuk racun rumput, Matador dan Puradan untuk racun hama.
"Alhamdulillah, hasil panen kita lumayan. Setiap tahunnya hampir 2 ton petani panen padi, sehingga warga tidak perlu lagi beras dari luar," tutupnya.[manan]
loading...
TAG