Idap Gangguan Jiwa, Ibu Ini Rawat 4 Anak Kandungnya

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Kasih ibu sepanjang jalan. Segalak-galaknya Harimau, tidak akan makan anaknya sendiri. Pepatah ini setidaknya tergambar di FN (28), wanita pengidap gangguan kejiwaan di Palangka Raya yang tetap merawat keempat anak kandungnya.
Makin membuat orang salut, ketika melihat keadaannya yang terpuruk dan ditinggal suaminya, wanita asal Kabupaten Gunung Mas (Gumas) ini masih memiliki secercah kasih sayang kepada empat anaknya, di mana dua di antaranya masih balita. 
"Kami juga tidak tau dari kapan dia seperti ini. Selama ini tinggalnya sendiri di barak ini, kami masih bersyukur dia masih bisa memiliki rasa kasih sayangnya kepada empat orang anaknya," ujar D, kakak ipar FN saat ditemui awak media, Minggu (15/12/2019).
Info yang dihimpun di lapangan, FN dan Etmon menikah sejak tahun 2013. Namun, sejak kapan Ia mengalami gangguan jiwa, keluarganya belum mengetahui. 
"Nikah sama saudara saya sudah enam tahun, tapi kondisinya ini belum tahu dari kapan," beber D sambil terisak.
Sementara itu, putri sulung dari FN mengungkapkan, ia tidak tahu hingga saat ini keberadaan ayahnya, namun diakuinya bahwa ayahnya ada kirim uang buat mereka.
"Bapak ada kirim uang. Tapi kami tidak tahu bapak ada di mana," imbuhnya.
Kelakuan FN yang di luar tingkah normal manusia ini membuat kekhawatiran tersendiri bagi warga sekitar. Mereka melaporkannya kepada pihak kelurahan dan Polsek Pahandut. 
Bhabinkamtibmas setempat pun berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera membawa FN ke Rumah Sakit Jiwa. 
Sedangkan tiga anaknya akan diasuh oleh Yafri, adik kandung dari Etmon yang tinggal di Desa Tumbang Tariak, Kabupaten Gumas.
"Bayi yang berusia enam bulan itu untuk sementara akan diasuh oleh Ibu Indriyati pegawai di Puskesmas Bukit Hindu Kota Palangka Raya," terang Kapolsek Pahandut, AKP Edia Sutaata.[kenedy]
loading...
TAG