Ekpose Draft RTKD Tahun 2019-2023 Menjadi Acuan Pemda Barut

Print Friendly and PDF
MUARA TEWEH - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, Usah Kecil dan Menengah (Disnakertranskop dan UKM) Kabupaten Barito Utara (Barut) menggelar ekpose draft Rencana Tenaga Kerja Daerah (RTKD) Tahun 2019-2023 di Aula Kecamatan Teweh Tengah, Selasa (3/12/2019).
Kepala Disnakertranskop dan UKM Barut, Drs Tenggara meyampaikan, RTKD itu merupakan rencana indikatif yang digunakan untuk pembinaan ketenagakerjaan diseluruh sektor ekonomi dan unit teknis ketenagakerjaan. 
"Rencana Tenaga Kerja Daerah ini untuk menghadapi masalah pengangguran, penciptaan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja," ujarnya.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah dalam amanatnya yang dibacakan Asisten I H Masdulhaq menyampaikan, pembangunan ketenagakerjaan sebagaimana diamanatkan dalam pasal 4 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakejaan, bahwa pembangunan ketenagakerjaan bertujuan untuk memberdayakan tenega kerja secara optimal. 
Sampai saat ini, lanjutnya, ketenagakerjaan masih cukup kompleks seperti besarnya jumlah penganguran dan setengah pengangguran.
"Berdasarkan hasil sakernas Agustus 2018 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) turun menjadi 5,28 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 5,34 persen," ungkapnyam
Lebih lanjut, pihaknya mengharapkan RTKD tahun 2019-2023 ini dapat dijadikan acuan oleh setiap instansi sektoral dan Pemerintah Kabupaten Barut dalam merumuskan dan mengimplemasikan berbagai kebijakan, strategi dan programnya.
Sehingga, tambahnya, selaras dengan pembangunan ketenagakerjaan serta untuk mewujudkan akselerasi pencapaian tujuan pembangunan ketenagakerjaan berupa perluasan dan penciptaan kesempatan kerja yang pruduktif dan peningkatan kesejahteraan pekerja keluarganya. 
"Semoga buku Rencana Tenaga Kerja Daearh Kabupaten Barito Utara Tahun 2019-2023 ini dapat mewujudkan Barut Kompeten," tutupnya.[ruhui]
loading...
TAG