DPMD Kapuas Gelar Rakor II Tim Inovasi Desa, Ini Tujuannya

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kapuas melaksanakan Rapat Koordinasi II Tim Inovasi Kapuas 2019 di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Jumat (13/12/2019).
Rapat ini dibuka Asisten I Setda Kapuas Drs Ilham Anwar, dan dihadiri Kepala Dinas PMD Kapuas Yanmarto SH MHum selaku koordinator Tim Inovasi Kabupaten (TIK). Rapat juga menghadirkan pemateri dari Pemprov Kalimantan Tengah.
Pada kesempatan ini, Ilham menyampaikan program lanjutan 2018 lalu, di mana program inovasi desa tersebut dapat mendorong desa-desa di Kapuas dapat mandiri dan sejahtera.
"Program inovasi desa ini salah satu tujuannya adalah untuk menggali kegiatan-kegiatan yang inovatif dan kreatif yang sudah dilaksanakan di tingkat desa," kata Ilham Anwar.
Kemudian, lanjutnya, memunculkan ide-ide kreatif masyarakat desa, dengan cara menampilkan contoh-contoh kegiatan yang inovatif.
Sementara itu, Yanmarto dalam laporannya mengatakan, peserta Rakor terdiri dari tenaga ahli, pendamping desa, tim pendamping inovasi desa (TPID), para camat serta perwakilan SOPD terkait.
Menurutnya, Program Inovasi Desa atau PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai Undang-Undang nomor 6/2014 tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas.
"Ini agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing," kata Yanmarto.[zulkifli]
loading...
TAG