Distan Kapuas Vaksinasi Ratusan Hewan di Dua Desa

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sebanyak 289 hewan peliharaan dilakukan vaksinasi rabies. Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas, Kalteng melakukan vaksinasi di Desa Aruk dan Desa Timpah, Kecamatan Timpah.
drh Anik Ariswandani, Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas mengatakan hewan peliharaan yang dilakukan vaksinasi adalah jenis hewan anjing, kucing dan monyet.
"Namun yang kami prioritaskan adalah anjing. Dan saat ini stok vaksin kami sudah habis buat kegiatan vaksin di Kecamatan Timpah pekan Kemaren" kata Anik.
Menurut Anik, saat melakukan vaksinasi di Desa Aruk respon masyarakat di sana cukup bagus.
"Kalau di Desa Timpah masih ada warga yang menolak anjingnya divaksin," imbuhnya.
Alasan warga, ungkapnya, karena takut kalau anjingnya mati, lalu ada juga yang malas  menangkap anjing peliharaannya. Padahal menurut dia vaksinasi ini berguna dalam upaya melakukan antisipasi penyebaran penyakit hewan pada manusia.
"Sayangnya, belum semua pemilik hewan peliharaan sadar betul kalau vaksinasi hewan itu sangat penting. Selain mencegah hewan kesayangan sakit, vaksin yang juga memberikan kekebalan tubuh dan melindungi mereka dari penyakit menular yang mematikan, misalnya rabies," pungkas Anik.[zulkifli]
loading...
TAG