Disertai Pelatihan, 51 Anggota Panwascam se-Kapuas Terpilih Dilantik

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sebanyak 51 anggota Panwascam terpilih di 17 kecamatan se-Kabupaten Kapuas,  dilantik. Prosesi pelantikan dilakukan di aula Bappeda, Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas, Minggu (22/12/2019).
Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor, komisioner Bawaslu Provinsi Kalteng Titi Y Krisna, jajaran Bawaslu Kapuas, Komisioner KPU Kapuas serta undangan dari instansi terkait lainnya.
Para anggota Panwascam yang dilantik tersebut, selanjutnya akan mendapatkan pelatihan guna mengenalkan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawas tingkat kecamatan pada Pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020.
Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kapuas, Untung Supriadi berharap kepada Panwascam terpilih segera melakukan koordinasi dengan stakeholder di tingkat kecamatan. Baik dengan jajaran Camat, Kepolisian, TNI, parpol hingga tokoh masyarakat.
"Sebagai lembaga penyelenggara pemiliu, akan ada banyak konflik kepentingan di lapangan. Dengan koordinasi yang baik dengan stakeholders, konflik di tingkat kecamatan bisa dicegah sedari dini," kata Untung.
51 Anggota Panwascam tersebut akan ditempatkan 3 orang untuk 1 wilayah kecamatan. Untuk Kabupaten Kapuas sendiri terdiri 17 Kecamatan.
Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo mengatakan, Panwascam sebagai perpanjangtanganan Bawaslu di lapangan, punya tugas berat saat pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah serentak 2020. 
Anggota Panwascam mesti gesit melakukan pengawasan agar terciptanya Pemilu yang berintegritas.
"Oleh sebab itu diperlukan sosialisasi intensif. Merangkul berbagai pemangku kepentingan guna sosialisasikan pengawasan pemilu kepala daerah ke berbagai lapisan masyarakat," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG