Aksi Tanam Pohon, Perang Sampah Hingga Konservasi Bekantan di Pulau Kupang

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas besama pihak terkait serta kelompok pencinta lingkungan hidup melakukan aksi tanam pohon, membersihkan sampah serta konservasi Bekantan di Pulau Kupang, Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Minggu (1/12/2019).
Kusmiatie, Kepala DLH Kapuas menyampaikan kegitan tersebut merupakan aksi perduli lingkungan.
"Dalam rangka kegiatan dan pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan bagian dari program kerja dewan pengurus Kelompok Pecinta Alam Kapuas dan SMAGAPALA SMAN 3 Kuala Kapuas bersama Kepala Balai Pengelola DAS dan Hutan Lindung (BPDAS HL) Kahayan, turut berpartisipasi dalam tersebut," kata Kusmiatie, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas, Senin (2/12/2019).
Selain dirinya selaku Kadis DLH aksi itu turut diikuti Camat Bataguh, Koramil Selat Bataguh, UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Kapuas Kahayan, UPT Puskesmas Kecamatan Bataguh, Lurah Pulau Kupang, BEM Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Kapuas, BEM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kapuas, KPA Dawen Bahijau serta Dangsanak Travellista.
"Kegiatannya yaitu penanaman bibit buah produktif, aksi perang sampah atau memungut sampah serta Konservasi Bekantan," terang Kusmiatie.
Dalam aksi tersebut, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS HL) menyediakan bibit Produktif sebayak 6.000 batang yang diserahkan kepada UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Kahayan, agar kemudian masyarakat bisa meminta bibit tersebut dengan syarat yang mudah. 
Camat Bataguh mengatakan merasa bersyukur adanya kepedulian dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS) Kahayan,
"Saya berharap kegiatan ini tidak menjadi yang terakhir dan agar masyarakat dipermudah untuk memperoleh bibit," ucapnya.
Menurutnya, dilakukannya penghijauan ini menjadi sinergi, pertanian jalan, dan penghijauan jalan.
"Saya juga mengatakan masyarakat Bataguh khususnya Kupang mengapresiasi adanya kegiatan ini," imbuhnya.
Sebelum meninggalkan areal Pulau Kupang peserta melakukan aksi perang sampah yaitu aksi pungut sampah yang dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas.
"Mari kita lestarikan alam melalui budaya hidup bersih dan peduli terhadap lingkungan serta menanam pohon dalam mewujudkan Kapuas hijau dan bebas dari sampah," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG