Tujuh Anggota BPD Desa Hanjak Maju Resmi Dilantik

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebanyak tujuh orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, resmi dilantik. Pelantikan  dilakukan oleh Asisten I Setda Pulang Pisau, M Syaripul Pasaribu di Aula Dinkes Pulang Pisau, Kamis (7/11/2019).
Dikatakan Syariful, dalam menjalankan tugas sebagai anggota BPB, ada beberapa hal yang harus dipahami. Di antaranya melegalkan peraturan yang ada di desa.
"Tanpa BPD aturan di desa itu tak bisa legal. BPD harus ikut mengesahkan peraturan desa," ucap Syaripul pada kesempatan tersebut.
Selanjutnya, lanjut Syaripul, anggota BPD juga bertugas sebagai menyerap aspirasi, khususnya aspirasi masyarakat desa yang disampaikan pihaknya ke kepala desa masing-masing.
"BPD itu semacam dewan. Hanya saja ditingkat desa. Jadi, tugasnya juga untuk menyerap aspirasi masyarakat yang disampaikan ke kepala desa," ungkapnya.
Ia menambahkan, tugas yang tak kalah penting sebagai anggota BPD, yaitu mengawasi kinerja kepala desa dan aparaturnya. Artinya program yang dilaksanakan oleh pemerintah desa harus sesuai aturan.
"Pengawasan itu dilakukan agar program pembangunan di desa tepat sasaran. Bukan untuk menjatuhkan tetapi bagaimana agar pembangunan di desa berjalan lebih baik," tegas Syaripul.[manan]
loading...
TAG