Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, Kodim 1011 Beri Pelatihan Pramuka

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Guna menumbuhkembangkan semangat bela negara dan wawasan kebangsaan di kalangan pramuka untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter, anggota Kodim 1011 Kapuas memberikan pelatihan kepada  pramuka.
Sebanyak 83 siswa-siswi peserta pramuka dari SMAN-1 Basarang dan SMAN-2 Kapuas, dibina dan diberikan latihan di lapangan Kodim 1011/Klk. Mereka dilatih Peraturan Baris Berbaris (PBB), peta kompas dan pengenalan outbound.
Selain itu, disampaikan juga materi tentang wawasan kebangsaan, dengan tujuan agar para peserta pramuka mengerti tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, sehingga dengan begitu para peserta Pramuka mengerti tentang nilai-nilai kemerdekaan yang sudah kita rasakan saat ini.
Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono mengatakan, tujuan dari latihan ini adalah sebagai wadah pembinaan karakter dan jati diri melalui metode belajar dan bermain.
"Selain itu untuk menciptakan rasa cinta tanah air dan bela negara melalui pengetahuan dan pengamalan Pancasila dan UUD 1945, ini merupakan pelajaran ekstrakurikuler sekolah," kata Dandim, Sabtu (2/11/2019).
Dengan adanya latihan PBB tersebut, menurut Dandim, juga sekaligus bisa untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman agar bisa hidup disiplin dalam segala hal.
"Sehingga nantinya dapat dijadikan bekal bagi kehidupan dimasyarakat, bangsa dan negara," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG