Tingkatkan Kinerja, Baznas Pulpis Belajar ke Baznas Kobar

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Upaya meningkatkan kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pulang Pisau, pihaknya menyempatkan diri berkunjung ke Baznas Kotawaringin Barat, Kamis (7/11/2019) di Kantor Baznas Kobar, Jalan Pangeran Antasari, Pangkalanbun.
Kunjungan tersebut, dalam rangka mempelajari mekanisme kerja Baznas Pulang Pisau, guna memberikan pelayanan penerimaan dan pengumpulan zakat, baik zakat profesi maupun zakat mal.
Dalam kunjungan kali ini, melibatkan lima orang komisioner Baznas dan dua orang pelaksana, yakni Ketua Baznas Kabupaten Pulang Pisau, Drs Khairil Anwar, dan komisioner lainnya, H Ahmad Hernadi, H Suhari SAg, Bohari Almawan SPd I, Irami Narsih SPd I, dan pelaksana Asrianoor dan Alawiyah.
Rombongan Komisioner Baznas Kabupaten Pulang Pisau itu disambut hangat oleh  Komisioner Baznas Kobar yang di Ketuai Drs H Suhartono Basran MM.
Dalam pertemuan antara Baznas Pulang Pisau dan Baznas Kobar nampak terjalin komunikasi yang hangat dan kekeluargaan.
Dalam sambutannya Ketua Baznas Kobar, Drs H Suhartono Basran mengucapkan selamat datang dan memberikan apresiasi kepada Baznas Pulang Pisau yang berkenan mengunjunginya dalam rangka silaturahmi.
"Pertemuan kita ini lebih kepada silaturahmi saja, sharing pengalaman untuk sama-sama meningkatkan kinerja kita melayani masyarakat, khususnya para muzakki dan para mustahik," ujarnya dalam forum pertemuan itu.
Dia juga menceritakan pengalaman selama ia dipercaya mengelola Baznas bersama rekan-rekan komisioner lainnya.
"Sejak dikukuhkan pada 2017 lalu, banyak hal yang kami lalui bersama, suka dan duka untuk menjalankan amanah ini, alhamdulillah berkat doa dan upaya hingga saat ini Baznas cukup dikenal dan dipercaya oleh masyarakat untuk menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh nya. Pokoknya jangan putus asa untuk tetap berjuang menyosialisasikan Baznas ke masyarakat," ungkapnya.
Selain upaya sosialisasi, lanjutnya, penting untuk menerapkan tertib administrasi dalam pengelolaan zakat infaq dan shodaqoh (ZIS) ini.
"Kita sudah punya aplikasi SiMBA yakni Sistem Manajemen Informasi Baznas. Dengan menggunakan aplikasi ini, data para muzakki dan mustahik akan terekapitulasi dengan baik dan tertib, disamping itu pola pembayaran ZIS ini terlaporkan secara online dan langsung dicetak bukti setorannya serta terkonfirmasi melalui seluler para muzakki yang menyerahkan zakatnya kepada Baznas," tuturnya.
Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Pulang Pisau, Drs H Khairil Anwar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas ketersediaan Baznas Kobar menyambut kedatangan Baznas Pulang Pisau.
"Terus terang kami merasa tersanjung dengan penyambutan yang istimewa ini, selanjutnya kami memohon kepada semua komisioner Baznas Kobar di masing-masing bidangnya untuk berkenan berbagi ilmu dan strategi dalam rangka meningkatkan kinerja Baznas Pulang Pisau," tukasnya.
Terus terang, lanjutnya, Baznas Pulang Pisau masih tengah belajar bagaimana strategi pengelolaan ZIS ini secara profesional berbasis teknologi.
"Selama ini kami masih kerja manual dan belum menggunakan aplikasi SiMBA, ke depan kami berharap bisa menggunakan aplikasi SiMBA ini untuk mengoptimalkan kinerja Baznas Pulang Pisau, tentu langkah awalnya adalah belajar dengan Baznas Kobar," ucapnya dengan nada memuji.
Usai berdialog dan bersilaturahmi dengan seluruh komisioner dan pelaksana Baznas Kobar, rombongan Baznas Pulang Pisau diajak ke lapangan untuk meninjau para mustahik yang telah berhasil dibina oleh Baznas Kobar.
"Salah satunya adalah warga Kumai yang kini cukup sukses memelihara sekitar 60 ekor bebek dengan bantuan modal awal sebesar 1,5 juta. Mereka juga menunjukkan bantuan gerobak dan modal usaha yang diberikan kepada mustahik yang berjualan keripik jengkol dan kini usahanya tengah mengalami kemajuan yang cukup signifikan.[manan]
loading...
TAG