Sidak di Tiga Desa, Komisi I Barsel Ungkap Fakta Ini

Print Friendly and PDF
BUNTOK, MK - Langkah konkret menindaklanjuti aduan sekaligus keluhan masyarakat dilakukan Komisi I Dewan Perwakilan Rayat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Untuk memastikan kondisi riil, para legislator ini turun ke lapangan.
Ketua Komisi I DPRD Barsel, H Raden Sudarto beserta rombongan bertandang ke tiga desa di Kecamatan Gunung Bintang Awai, yakni Desa Muara Singan, Palu Rejo dan Wayun. Ini dilakukan untuk memonitoring dan menanggapi keluhan masyarakat sekitar terkait Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).
"Dengan sidak ini kami ingin mengetahui apa saja yang diperlukan masyarakat dan berusaha untuk memperjuangkannya. Kami juga memantau pekerjaan-pekerjaan proyek yang ada di desa," terang Raden, Rabu (6/11/2019).
Mantan Kepala Dinas Pendidikan Barsel ini menambahkan, di Desa Muara Singan, dewan mendapatkan keluhan tentang Sungai Ayuh yang sekarang ini airnya dinilai tidak layak untuk dikonsumsi, termasuk digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.
Sedangkan di Desa Palurejo, lanjut Raden, masyarakat mengeluh tentang perusahaan yang ada di wilayah tersebut, di mana disebutkan tidak memperhatikan amdalnya, seperti pencemaran udara, air dan lainnya.
Terkait keluhan masyarakat ini, Komisi I akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan memanggil pihak perusahaan.
"Kita akan gelar RDP menindaklanjuti keluhan ini, untuk mendapatkan solusi dan penanganan terkait keluhan itu," imbuhnya.

Terkait kondisi faktual ini, anggota Komisi I Tamarzam menegaskan jika pihaknya bukan hanya menampung, tetapi juga memperjuangkan aspirasi masyarakat.
'Wilayah sebesar Desa Palu Rejo dan Wayun, dalam beberapa tahun belakangan ini hanya masuk proyek Pemda sebesar Rp149 juta. Saya sangat kecewa dengan sistem penganggaran pemerintah daerah," tandasul Tamarzam.
Sementara itu, Kepala Desa terpilih Desa Palu Rejo, Misli meminta wilayah tersebut dibuatkan kanal saluran air kepada perusahaan yang ada di wilayah kerjanya.
"Ini untuk mencegah banjir masuk ke wilayah Desa Palu Rejo. Juga untuk perbaikan enam jembatan dan perbaikan jalan dalam desa," pintanya.[deni]
loading...
TAG