Polres Kapuas Bina Keamanan Swakarsa Anggota Satpol PP

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Giat pembinaan keamanan swakarsa atau Binkamsa, kali ini Sat Binmas Polres Kapuas melakukan pembinaan kepada anggota Satpol PP dan Damkar Kapuas, Selasa (19/11/2019) di halaman Kantor Satpol PP dan Damkar, Jalan A Yani Kuala Kapuas.
Giat itu dihadiri Kasat Binmas Polres Kapuas, Iptu Asep M Sidik bersama anggotanya, Kasat Pol PP Damkar, Syahrifin serta diikuti peserta personel Sat Pol PP dan Damkar Kapuas.
Dalam kesempatan itu, Iptu Asep M sidik  mengatakan, tugas Satuan Polisi Pamong Praja memiliki peranan penting dalam menegakan peraturan daerah (Perda) yang dibuat oleh pemerintah daerah.
Satpol PP dalam bertugas di lapangan hendaknya dapat menghindari benturan dengan masyarakat.
“Peran Satpol PP cukup penting membantu tugas Polri yakni menciptakan Tramtibum masyarakat, untuk itu agar menguasai aturan arau Perda yang berlaku,” pesannya.
Kewenangan Satuan polisi pamong praja lanjut dia adalah melakukan tindakan penertiban non-yustisial terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang melakukan pelanggaran atas Perda dan atau Perkada.
Kemudian menindak warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, melakukan tindakan penyelidikan terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang diduga melakukan pelanggaran atas Perda dan atau Perkada dan melakukan tindakan administratif terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang melakukan pelanggaran atas Perda dan atau Perkada.
"Pelatihan yang diberikan diharapkan dapat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan Satpol PP,“ imbuhnya.
Lebih jauh dikatakannya, tugas pokok Satpol PP sesungguhnya bersinergi dengan pemolisian masyarakat atau Polmas yaitu kegiatan untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat.
"Sehingga mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya," tandasnya.
Dalam kegiatan tersebut personel Sat Binmas Polres Kapuas memberikan pembakalan tentang peraturan baris -berbaris, untuk mengingatkan kembali kedisiplinan personel satpol PP dan Damkar.[zulkifli]
loading...
TAG