Masuki Musim Hujan, Legislator Ini Imbau Masyarakat Waspada Penyakit

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Saat ini telah memasuki musim penghujan. Kendati curah hujan masih tidak merata dan intens, Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah meminta masyarakat mewaspadai beberapa penyakit pada musim hujan.
"Saat ini kita sudah memasuki musim hujan, datangnya musim hujan merupakan faktor risiko untuk terjadinya penyakit musiman seperti akibat virus, influenza dan diare serta demam berdarah," kata dr Rosihan Anwar, anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera, Rabu (6/11/2019).
Masyarakat, lanjut legislator yang juga seorang dokter ini, perlu berupaya mengantisipasi sejak dini agar berbagai penyakit musiman di musim hujan itu terhindar. Ini dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.
Menurut wakil rakyat dari PKS ini, instansi terkait juga perlu mendorong kesehatan masyarakat dengan cara menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, terutama dalam hal penggunaan air bersih dan menjaga pola makan.
Dia mengatakan, masyarakat juga perlu diingatkan tentang cuci tangan dengan air bersih dan menggunakan sabun antiseptik, pemberantasan jentik-jentik nyamuk baik di rumah, sekolah, kantor maupun dilingkungan sekitar serta tidak lupa membuang sampah pada tempatnya.
Selain itu, masyarakat juga diingatkan  mengkonsumsi buah-buahan, sayur dan multivitamin serta selalu beraktivitas olahraga setiap hari.
Semua ini dimaksudkan untuk menjaga stabilitas badan tetap stabil, dan sehat, sehingga pada musim tetap menjaga kondisi tubuh.
Rosihan meminta masyarkat tetap waspada penyakit, yang diseabkan nyamuk seperti malaria dan demam berdarah dengue (DBD) serta penyakit lainnya selama musim hujan ini.
"DBD penyakit merupakan berbahaya, jika tidak cepat ditangani dengan benar kemungkinan besar bisa mengakibatkan meninggal dunia," tandas Rosihan.
Karena itu, Ia berharap pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan agar bisa lebih antisipatif terhadap penyebaran penyakit DBD, khususnya di Kuala Kapuas.
"Antisipasi sejak dini, baik itu melalui sosialisasi, maupun hal yang dianggap penting lainnya, perlu diingatkan kepada masyarakat," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG