Ketum Fordayak Kalteng Minta DPK Aruta Segera Terbentuk

Print Friendly and PDF
PANGKALAN BUN - Ketua Umum Forum Pemuda Dayak (Fordayak) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Bambang Irawan menyambangi warga Pangkut, Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kamis, (21/11/2019) kemarin.
Kehadiran Ketum bersama anggotanya itu guna memberikan dukungan serta berbaur dengan masyarakat dalam kegiatan upacara Tiwah yang merupakan adat istiadat Suku Dayak di Aruta dalam menghormati keluarganya yang sudah meninggal dunia.
Usai kegiatan, Bambang Irawan yang juga didampingi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Fordayak Kobar, Deden Kristianto mengadakan rapat terbatas bersama anggota dan tokoh masyarakat Aruta. 
Pertemuan yang digelar di Pedepokan Rumah Batu Buntat Labi-labi yang merupakan milik dari Humas Fordayak Kobar, M Darsani Alfius Mahi di RT 06 Kelurahan Pangkut tersebut sangat banyak membawa menfaat serta menambah pengetahuan tentang Fordayak.
Di antara pesan yang disampaikannya adalah tujuan Organisasi Masyarakat (Ormas) Fordayak dibentuk guna memberikan layanan kepada masyarakat serta menjaga kerukunan dan kearifan lokal Suku Dayak khususnya di Pulau Kalimantan dan umumnya diseluruh penjuru dunia.
"Fordayak terbentuk untuk memberikan pelayanan serta ikut menjaga kerukunan antar umat beragama, antara suku serta menjaga sumber daya alam dan budaya yang ada," ucap Bambang  di hadapan para pengurus Fordayak Kobar malam itu.
Maka untuk mewujudkan semua itu, lanjutnya, Aruta harus segera dibentuk Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Fordayak. Tujuannya tidak lain hanya semata-mata memberikan dedikasi kepada bangsa dan negara khususnya masyarakat Suku Dayak.
Bambang juga mengatakan jika Fordayak nantinya bukan hanya pada tingkatan Pulau Kalimantan, namun akan berkembang pada tingkatan nasional bahkan dunia.
Pada kesempatan ini, kehadiran Ketum Fordayak Kalteng disambut hangat oleh segenap lapisan masyarakat hingga para tokoh Adat  Suku Dayak di Aruta. 
Sebagai tokoh, M Darsani dirinya merasa bangga atas kehadiran Bambang Irawan yang sudah meluangkan waktu berkunjung ke daerahnya.
"Kami semua merasa bangga atas kehadiran Ketum Fordayak. Meskipun daerah kami ini jauh dari perkotaan, namun beliau rela menyempatkan waktunya untuk kami," ucapnya, Sabtu (23/11/2019) melalui rilisnya yang diterima kabarkalteng.com.
Sementara itu, Ketua DPD Fordayak Kobar, Deden Kristianto mengajak kepada seluruh elemen masyarakat bersama-sama ikut andil bagian dalam membesarkan Fordayak. 
Ia juga menyampaikan kepada para pengurus beserta jajarannya agar tetap berpegang teguh dan berkomiten untuk menjunjung tinggi Ormas Fordayak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
"Saya berharap jajaran pengurus Fordayak Kobar bisa lebih semangat dalam membesarkan organisasi ini. Kita semua juga harus bisa bersinergi dengan pihak manapun agar kehadiran Fordayak di Kobar bisa lebih cepat diterima masyarakat dengan berbagai pelayanannya," pintanya.
Selain itu pula, rapat yang penuh khidmat tersebut juga dihadiri tokoh senior yang sekaligus menjadi motivator dalam organisasi Fordayak. 
Sebagai Wakil Ketua, Darmawan menyampaikan banyal hal terkait fungsi Ormas Fordayak hadir di tengah-tengah masyarak saat ini.
Dalam sambutannya yang sekaligus menjadi pembuka acara ia banyak menekankan rasa kepedulian antar sesama tanpa memandang RAS dan Gender.
"Hadirnya Ormas Fordayak akan menjadi kendaraan atau rumah kita bersama dalam membantu segala hal kepada masyarakat. Anggota Fordayak harus bisa merangkul semua golongan dan bisa mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan. Karena sejatinya kita dilahirkan di dunia ini dalam keadaan yang sama. Mari kita menjaga satu sama lain dalam kebersamaan dan kerukunan," ujarnya.
Sementara, Calon Ketua DPK Fordayak Kecamatan Aruta, Goriyadi akan mengajak masyarakat serta para pemuda untuk bergabung pada Ormas Fordayak. Ia juga berjanji akan memperjuangkan lapangan pekerjaan khususnya bagi masyarakat setempat.
"Lahan pekerjaan di Arut Utara yang semakin menipis akan menjadi pekerjaan kami dalam memperjuangkan ekonomi masyarakat lokal. Oleh karenanya 1 bulan kedepan Fordayak Arut Utara harus terbentuk," tegasnya.[kenedy]
loading...
TAG