Kemenag Kapuas Imbau Kaum Muslimin Verifikasi Kesesuaian Arah Kiblat

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kementerian Agama Kabupaten Kapuas mengimbau kepada kaum muslimin dan pengurus masjid atau musala untuk mengukur atau memverifikasi kesesuaian arah kiblat.
Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kapuas Murung, H Nabchan mengatakan, penyempurnaan ibadah salat wajib maupun salat sunat, salah satunya memperhatikan arah kiblat.
"Dan sekarang kesadaran masyarakat semakin tinggi dalam penyempurnaan ibadah ini terbukti banyaknya permintaan pengukuran arah kiblat baik yang baru membangun maupun yang sudah tempat ibadah yang sudah lama untuk diukur kembali kiblatnya," kata Nabchan, Jumat (1/12/2019).
Seperti baru-baru ini, lanjut Nabchan, pihaknya dipinta layanan pengukuran arah kiblat Musholla oleh masyarakat  Desa Tajepan dan Mampai.
“Keberadaan KUA itu tidak hanya mengurus perkawinan. Banyak layanan masyarakat yang ada di KUA, salah satunya permintaan ukur arah kiblat ini,” imbuhnya.
Dijelaskannya, pengukuran arah kiblat pada dasarnya adalah untuk memastikan ke arah mana Kabah di Makkah, sehingga semua gerakan orang yang melaksanakan salat baik saat berdiri, rukuk maupun syukurnya selalu mengarah menuju Kabah.
“Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat khususnya Kapuas Murung kalau ada yang ingin masjid, musholanya diukur arah kiblatnya, buat permohonan ajukan ke KUA, Inysa Allah kami siap turun langsung,” tukasnya Nabchan.[zulkifli]
loading...
TAG