IAIN Palangka Raya Partisipasi di Seminar Internasional

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Guna meningkatkan kualitas dosen, IAIN Palangka Raya mengikutsertakan dosennya pada seminar internasional yang bertema Asia Creative Industries and Digital Media.
Kegiatan yang digagas oleh Program studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jawa Timur tersebut di gelar di Hotel  Novotel Samator Surabaya, Kamis (7/11/2019).
Kegiatan itu juga menghadirkan pembicara dari luar negeri, J Alex A Linares dari Peru, Dr Susan Leong dari Malaysia, Prof Huey Rong Chen dari Taiwan serta sejumlah pembicara dari dalam negeri.
Untuk tahun ini, IAIN Palangka Raya mengirimkan 2 kelompok, salah satunya adalah kelompok Dr Sabian Ustman SH MSi, Dr Hj Zainap Hartati MAg dan Abdul Khair MH.
Kelompok ini mengangkat paper hasil penelitian selama 3 tahun "Muallaf Coaching in Map and Fact".
Abdul Khair selaku pimpinan tim menjelaskan, apa yang menyebabkan orang menjadi muallaf, apa kendala yang dihadapi muallaf, dan bagaimana peran pemerintah dalam membina muallaf.
"Hasil penelitian kami sampai saat ini pembinaan terhadap muallaf dari pemerintah masih bersifat insidentil, alasannya tidak ada dana. Semantara pembinaan terhadap muallaf lebih mengandalkan kepada keluarga muallaf dan kemauan muallaf itu sendiri dalam mempelajari Agam Islam," ujarnya.
Dilanjutkan, itu pun ada kendalanya,  yakni keluarga muallaf itu sendiri terkadang pengetahuannya terhadap islam masih rendah dan motivasi muallaf untuk mempelajari islam masih rendah serta sulitnya membagi waktu bagi mereka .
Disisi lain, tambahnya, pembinaan muallaf di daerah tidak mendapatkan honor dari pemerintah,  jadi mereka sambil bekerja  sehingga tidak bisa membina muallaf secara teratur.
"Untuk mengatasi masalah ini, semoga IAIN Palangka Raya bisa berperan di dalamnya dan sesuai dengan visi dan misinya," tutupnya.[kenedy]
loading...
TAG