H Koyem: Jaga dan Lestarikan Perairan Umum dari Ilegal Fishing

Print Friendly and PDF
MUARA TEWEH - Memperingati Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Ke-6 tingkat Kabupaten Barito Utara (Barut) diwarnai dengan penebaran benih ikan (Restocking) bertempat di Dam Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kamis (21/11/2019).
Kegiatan ini tampak dihadiri Bupati Barut, H Nadalsyah dan Wakilnya Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD, Ir Hj Mery Rukaini M.AP serta para Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa, Kelompok-kelompok Tani serta undangan dan warga sekitar.
Hal itu digelar di kabupaten Barut sebagai respon Pemkab terhadap arahan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia setiap daerah agar untuk memperkaya sumber ikan di sumber air yang ada.
Nadalsyah mengatakan, potensi perairan umum di Bsrut sendiri sangat luas, diantaranya sungai, danau, rawa dan irigasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis usaha perikanan.
"Restocking adalah salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum," ungkap orang nomor satu di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini.
Adapun, lanjut Bupati yang akrab disapa H Koyem ini, tujuan dari pada kegiatan restocking adalah meningkatkan stok populasi ikan, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, meningkatkan produksi ikan guna pemenuhan gizi bagi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan nelayan melalui peningkatan pendapatan yang merata dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan.
"Kegiatan ini dilakukan untuk pemanfaatan perairan umum seperti danau dan rawa yang ada di Kabupaten Barito Utara secara maksimal dengan tetap menjaga agar sumber daya perikanan terus stabil dan berkelanjutan untuk anak dan cucu kita di masa mendatang. Mari kita jaga dan lestarikan perairan umum dari penangkapan ikan yang dilarang (Ilegal Fishing)," tegasnya.
Sementara, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Barut, Ir Sugeng mengatakan pada kegiatan restocking benih ikan secara simbolis dengan pelepasan benih ikan yang berjumlah 120 ribu ekor.[ruhui]
loading...
TAG