Guru Umai Sempurnakan Peringatan Maulid Nabi di Masjid Al Firdaus

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Rabiul Awal dimaknai sebagian muslim sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di samping itu, bulan ini dikenal juga bulan perkawinan, karena banyak warga yang melaksanakan pesta perkawinan. Pada bulan ini hampir di setiap masjid digelar peringatan maulid nabi.
Demikian juga pengurus masjid Al Firdaus yang beralamat di Jalan Jamrud G. Obos XII Kota Palangka Raya juga berkenan melaksanakan peringatan maulid Nabi, Selasa (19/11/2019) malam selepas salat Isya.
Acara ini dimulai dengan pembacaan syair-syair Al Habsyi oleh remaja masjid setempat.
Peringatan tahun ini terlihat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini panitia mendatangkan penceramah KH Ahmad Humaidi, pengasuh Majelis Dzikir Wa Ta’lim Asshalawattiyah dari Kuala Kapuas atau yang akrab dikenal di kalangan dengan sebutan Guru Umai.
Kegiatan ini dihadiri ratusan jamaah yang terdiri dari tokoh masyarakat dan warga di sekitar masjid juga mahasiswa, karena masjid ini dekat dengan kampus IAIN Palangka Raya.
Ketua Panitia, H Samsul Kamar menuturkan, kegiatan ini terselenggara atas bantuan masyarakat yang saling bahu membahu. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kementerian Agama Kota Palangka Raya yang mengapresiasi kegiatan ini.
Guru Umai dalam ceramahnya menyampaikan, kegiatan ini dapat bernilai silaturrahmi karena beliau bisa bertemu dengan teman-teman di pondok dulu yang sudah lama tidak bertemu.
Dilanjutkannya, berkaca pada zaman dahulu dengan pijakan yang penuh dengan kegelapan, seiring berputarnya rotasi kehidupan kini telah penuh dengan terang benderang.
Sebagai umat muslim, tambahnya, harus memiliki motivator dan panutan kelak menginspirasi rona kehidupan sehingga mewarnai jalan dakwah.
"Terdapat banyak nilai kehidupan, kebaikan, dan kisah tauladan yang dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi pribadi lebih baik. Mari kita jadikan sosok Rasulullah SAW sebagai pedoman dalam kehidupan karena beliau memiliki kepribadian yang agung," tutupnya.
Acara ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Drs H Abd Rahman MAg selalu penasehat masjid Al Firdaus.[kenedy]
loading...
TAG