Gubernur Kalteng Terapkan Smart Province

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Pemerintah Kalimantan Tengah (Kalteng) di bawah kepemimpinan Gubernur H Sugianto Sabran dan Wakilnya Habib Ismail Bin Yahya telah menerapkan Smart Province yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menerima layanan di berbagai macam sektor yang berbeda.
Hal itu seperti disampaikan Kepala Diskominfo Kalteng, Ir Herson B Aden MSi seusai menerima puluhan mahasiswa dari Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIF) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dalam rangka kuliah lapangan, Senin (18/11/2019) kemarin.
"Kalteng sudah mulai menerapkan Smart Province melalui berbagai aplikasi layanan publik, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan," katanya.
Dijelaskan, Smart Province yakni suatu provinsi yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Pria yang akrab dengan awak media ini juga menyebutkan sejumlah aplikasi yang dapat diakses secara online oleh masyarakat, diantaranya terkait pendapatan daerah, serapan maupun belanja di setiap organisasi perangkat daerah dan beberapa kegiatan lainnya.
Bahkan yang menariknya, saat ini masyarakat dapat melihat informasi secara visual beberapa lokasi strategis di Kalteng melalui sarana dan prasarana yang tersedia di Gedung Smart Province Kalteng di Jalan Tjilik Riwut km 3,5 Kota Palangka Raya.
"Informasi visual ini bisa dilihat karena kami telah memasang televisi sirkuit tertutup atau yang biasa kita sebut CCTV di sejumlah titik di kabupaten/kota," jelasnya.
Selain itu, masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa dapat mengakses data sektoral seputar Kalteng secara online dan mengunduhnya secara gratis.
"Tentu hal ini sangat membantu pelajar dan mahasiswa, terlebih saat mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah," tutupnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG