DPMD Kapuas Dorong Percepatan Pelaporan Pengelolaan Dana Desa

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Memasuki triwulan IV Tahun Anggaran 2019 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas terus mendorong Pemerintahan Desa untuk melakukan percepatan pelaporan pengelolaan Dana Desa (DD).
Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Drs Yan Marto mengungkapkan, pihaknya sengaja mengundang para pengelola dana desa dalam hal ini operator dan bendaraha yang mengimplementasikan pengelolaan DD pada aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).
"Kita ingin percepatan laporan realisasi pengelolaan Dana Desa, untuk itu kita langsung undang mereka. Kita harapkan lebih cepat penyampaian data-data tersebut," kata Yan Marto, Selasa (5/11/2019).
Pihaknya, ungkap Kadis DPMD sekaligus melakukan pembinaan dan pengarahan serta meminta pihak desa segera menyelesaikan laporan. Jika pun ada kendala ketidaktahuan sistem pelaporan tersebut maka DPMD akan membantu.
Dijelaskannya, review keuangan desa dilakukan pada tiap triwulan melalui proses pengumpulan data/informasi, analisis penyaluran dan penggunaan DD.
"Target kita untuk mengusulkan amprah dari KPPN provinsi untuk transfer ke rekening daerah setidaknya 150 desa, sementara saat ini itu belum tercapai," kata mantan Camat Mantangai ini.
Diakuinya, kendala pengelolaan DD terletak pada kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kata lain dibutuhkan SDM yang benar-benar mempuni dan memahami peraturan terkait pengelolaan DD itu.
Ke depan diharapkan SDM ini terus dapat ditingkatkan dalam pengelolaan dana desa, mengigat hal itu menjadi nilai tambah bagi desa tersebut sekaligus menambah daya saing daerah.[zulkifli]
loading...
TAG