Capai Pelayanan Mininal, Dinkes Pulpis Gelar Pertemuan Evaluasi Dana BOK

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Upaya pencapian Standar Pelayanan Minimal (SPM) di setiap Puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau, pihaknya menggelar Pertemuan Evaluasi Penggunaan BOK Puskesmas dalam mencapai SPM dan dan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan kepada keluarga sasaran.
Kegiatan yang berlangsung di Aula Dinkes Pulang Pisau itu, diikuti 60 peserta dari 12 Puskesmas di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.
"Ini upaya kita untuk menuju standar pelayan minimal terhadap masyarakat di wilayah Puskesmas masing-masing," ucap Kadinkes Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo melalui Kabid Kesmas, Ma'ruf Khurki kepada sejumlah awak media, Selasa (26/11/2019) di ruang kerjanya.
Menurut Ma'ruf, kegiatan yang dilaksanakan kali pertama ini, bertujuan untuk mengevaluasi atau meninjau sejauh mana penggunaan dana yang dikucurkan pemerintah pusat (Kemenkes) ke semua Puskesmas di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.
"Dana yang kita terima dari Kemenkes awalnya Rp9 miliar, namun karena dianggap kurang dalam serpaannya, maka menurun menjadi kurang lebih Rp 7 miliar," terangnya.
Ia juga menjelaskan, dana BOK ini untuk bantuan operasional Puskesmas yang kegiatannya diluar gedung atau operasional lapangan, seperti penyuluhan dan yang lainnya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.
Sejauh ini, ungkap Ma'ruf, pihaknya mengakui kurang maksimal dalam mensosialisasikan SPM ini sehingga banyak dari pihak puskesmas yang kurang memahami sistem kerjanya. 
"Tahun depan akan kami galakkan lagi sosialisasi ini, agar agar kedepan lebih baik dan  maksimal lagi dalam pelaksanaannya," tutup Ma'ruf.[manan]
loading...
TAG