Calhaj Kapuas 2020 Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Ratusan calon haji (Calhaj) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mulai menjalani  pemeriksaan tahap 1. Pemeriksaan dilakukan tim medis RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.
Direktur RSUD Kapuas, dr Agus Waluyo, Jumat (15/11/2019) mengatakan, pemeriksaan kesehatan Calhaj dilakukan sejak 1 hingga 15 November 2019, bekerja sama dengan seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kapuas.
Menurutnya, pemeriksaan penunjang wajib yang diikuti oleh Calhaj Kapuas tahun 2020 dan hanya dapat dilaksanakan di rumah sakit sesuai fasilitas yang tersedia, antara lain pemeriksaan laboratorium (urine dan darah lengkap), pemeriksaan rontgent (radiologi), dan pemeriksaan EKG (jantung).
"Hasil dari pemeriksaan penunjang di rumah sakit ini menentukan calon jemaah haji, apakah termasuk kategori Risti (risiko tinggi) ataupun nonristi (tidak risiko tinggi)," kata Agus.
Dengan itu, lanjut dia, dapat diperoleh istitha’ah kesehatan atau kelayakan, dan kemampuan kesehatannya dalam menjalankan ibadah haji.
Sebelumnya, H Asyhadi, Kasi Pelayanan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kapuas mengatakan, Calhaj yang masuk estimasi keberangkatan tahun 2020 diperkirakan sebanyak 470 jemaah.[zulkifli]
loading...
TAG