Bupati Nadalsyah Resmikan Cagar Budaya Setempat

Print Friendly and PDF
MUARA TEWEH - Singa Ngenuh merupakan tokoh masyarakat yang memiliki kharisma, khususnya bagi masyarakat Suku Dayak Taboyan,Tawoyan, Tewoyan disepanjang Sungai setempat yang ada di Kabupaten Barito Utra (Barut).
Suku Dayak Taboyan merupakan salah satu penduduk asli Barut yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya Barito Utara yaitu Kecamatan Gunung Timang, Teweh Timur dan Gunung Purei serta masih ada leluhurnya dan keturunannya yang bermukim di luar Barito Utara.
Berdasarkan aliran sungai atau daerah lainnya seiring dengan perkembangan zaman. Sedangkan Sungai Setalar saat ini dikenal dengan nama Sungai Montallat, di mana di sepanjang DAS Setalar terdapat banyak desa.
Pada saat peresmian, Minggu (24/11/2019), Bupati Barut, H Nadalsyah mengharapkan peran dari seluruh elemen, sehingga nantinya dapat mewujudkan Situs Rumah Singa Ngenuh sebagai destinasi wisata yang terkelola dengan baik.
Situs Rumah Singa Ngenuh sebagai Situs Cagar Budaya dapat terjaga dengan baik dan dapat lebih dikenal secara luas.
Selain itu, kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam prosesi peresmian dan pemindahan Rumah Singa Ngenuh. 
“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga peresmian pada hari ini dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya.
Turut hadir dalam acara peresmian tersebut, Wakil Bupati Barito Utara, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, unsur FKPD, Asisten dan Staf ahli, Kepala Perangkat Daerah dan Kakankemenag Barito Utara. 
Juga hadir unsur Tripika Kecamatan Gunung Timang, Demang Kepala Adat Gunung Timang, Kepala Desa serta Ketua BPD dan Anggota se-Kecamatan Gunung Timang, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan undangan lainnya.[deni]
loading...
TAG