Angka Konsumsi Ikan Kalteng di Atas Nasional

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Ketahanan pangan serta pemenuhan gizi masyarakat, terutama protein telah menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).
Diketahui, Kalteng memiliki potensi perikanan yang harus dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk masyarakat, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional.
"Ketahanan pangan serta pemenuhan gizi masyarakat, terutama protein, telah menjadi perhatian serius pemerintah provinsi kalimantan tengah," Kata Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran  dalam amanatnya yang dibacakan Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri saat Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2019 dan launching Geoportal Laut Berkah, Minggu (17/11/2019).
Ia mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan, salah satunya dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat mencegah permasalahan gizi yang banyak dialami oleh anak-anak atau stunting.
Adanya kasus gizi ganda (kelebihan dan kekurangan gizi), stunting adalah contoh beberapa masalah yang dihadapi Bangsa Indonesia yang erat kaitannya dengan kecukupan pangan dan gizi.
"Sehingga ikan sebagai bahan pangan yang mudah diproduksi dalam berbagai skala dan bergizi tinggi diharapkan mampu menjadi solusi atas masalah tersebut," imbuhnya.
Dibeberkan, angka konsumsi ikan di Kalteng tahun 2017-2018 menunjukkan trend kenaikan setiap tahunnya. Angka konsumsi ikan di Kalteng tahun 2017 sebesar 47,63 per kapita per tahun di atas angka konsumsi ikan nasional yaitu sebesar 47,12 per kapita per tahun, pada tahun 2018 naik menjadi sebesar 48,19 per kapita per tahun.
"Diharapkan dengan peringatan harkannas ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan, menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga, serta mendekatkan ikan kepada masyarakat," paparnya.
Di samping itu,  ikan juga dijadikan sumber protein yang selalu hadir di dalam menu keluarga guna mendukung upaya-upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing Kalteng yang sehat, cerdas dan kuat.
"Saya mengapresiasi rangkaian acara peringatan Harkannas ke-6 tingkat Provinsi Kalteng tahun 2019 ini yaitu pelaksanaan bazar produk perikanan yang diikuti oleh UKM yang menampilkan kuliner berbahan baku ikan, lomba menangkap ikan dan lomba masak serba ikan, dibagikan secara gratis pentol bakso ikan, nugget, sekaligus dalam kesempatan ini akan diadakan launching geoportal laut berkah provinsi kalimantan tengah," tutupnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG