24 Balita Ikuti Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Masih dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Pulpis menggelar Lomba Balita Sehat (LBS) yang diselenggarakan di Aula Dinkes setempat, Sabtu (2/11/2019) siang.
Kepala Dinkes Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo menuturkan bahwa kegiatan tersebut sebagai langkah meningkatkan kualitas kesehatan Sumber Daya Manusia (SDM), menekan stunting dengan meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat di wilayah kerja Dinkes dan TP-PKK Pulang Pisau.
"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ketua TP-PKK Kabupaten Pulpis atas kerja kerasnya selama ini. Dan juga kepada pihak-pihak terkait sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar," ucapnya dengan cukup singkat sembari membuka kegiatan LBS.
Sementara, Ketua TP-PKK Pulang Pisau Hj Nunu Andriani yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa salah satu tujuan daripada kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara maksimal.
Diketahui, untuk jumlah peserta lomba LBS ini  ada 24 balita berasal dari 12 Puskesmas yang berada di wilayah kerja Dinkes Kabupaten Pulang Pisau, dengan kategori usia 6 sampai 24 bulan serta 24 sampai 60 bulan.
"Sebagian bahan penilaian selanjutnya adalah keadaan orang tua Balita yang meliputi pendidikan, umur, alat kontrasepsi yang digunakan ibu, kelengkapan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Kartu Menuju Sehat (KMS), status kesehatan gigi dan umum, tingkat perkembangan psikologi, serta motorik Balita," jelasnya.
Sementara, pada kesempatan yang sama, Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo berharap agar ibu-ibu di Kabupaten Pulang Pisau senatiasa menjaga tumbuh kembang anak melalui perbaikan asupan gizi sejak dalam kandungan.
"Atas nama pemerintah daerah, kami ucapkan terima kasih kepada Dinkes dan TP-PKK Pulpis atas terselenggaranya kegiatan ini demi mewujudkan misi dari negara yakni Generasi Sehat, Generasi Unggul," tutur Bupati seraya menutup kegiatan LBS tahun 2019 ini.[manan]
loading...
TAG