Waspada, Ada Aksi Menjurus Pungli di Ruas Jalan Bahaur - Palangka Raya

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Dugaan Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan sejumlah pria berpakaian preman kembali terjadi di ruas Jalan Trans Bahaur - Palangka Raya, tepatnya di Kelurahan Kalawa, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), pada Rabu (2/10/2019).
Bermodalkan sebuah karung warna putih dan sebuah ember hitam, terlihat dari kejauhan berdiri di tengah jalan yang sedang dilakukan perbaikan oleh pemerintah.
Lelaki yang masih belum diketahui identitasnya itu, dikabarkan terus memepet setiap kendaraan yang melintas, khususnya bagi pengguna roda empat dan enam.
Seperti disampaikan salah satu pengemudi asal Palangka Raya Amat. Ia mengatakan, semenjak jalan rusak hingga ada tumpukan material, pria tersebut telah rutin memungut uang setiap pengguna jalan yang melintas.
"Terganggu juga mas dengan orang itu, sebab kalau tidak dikasih kita dibentak-bentak. Ya di jalan itu juga sepi jadi mau gak mau kita kasih dan mudah-mudahan bisa ditindak agar kami pengemudi bisa nyaman saat melintas," ujarnya.
Sementara, menanggapi hal tersebut, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulang sudah menegur aksi meminta-minta yang kerap dilakukan sejumlah orang di wilayah Kelurahan Kalawa.
"Sudah ditegur oleh Staf Dishub, namun yang bersangkutan dia tidak mau menurut. Jadi tinggal aparat penegak hukum yang harus menangani hal ini agar memberikan rasa nyaman dan aman terhadap pengguna jalan tersebut," kata Kadishub Pulang Pisau, John Oktoberiman kepada wartawan, Rabu (2/10/2019).
Dengan adanya dugaan ini, John meminta kepada seluruh pengguna jalan, baik roda dua, empat bahkan enam agar berhati-hati saat melintas di ruas jalan tersebut.
"Kita minta untuk tetap berhati-hati saja dengan adanya pungli itu, laporkan saja ke pihak berwajib bila mendapati lagi orang yang minta-minta uang di jalan tersebut," pesannya.
Sementara pula, disampaikan Lurah setempat, Endra Setiawan bahwa pihaknya sudah menegur oknum yang minta-minya dipinggir jalan di RT 8 Kelurahan Kalawa ini.
"Orang ini sudah kita tegur jauh-jauh hari namun masih melakukan aktivitas minta-minta di pinggir jalan. Hari ini kita bersama Babhinkantibmas dan Babinsa Polsek Kahayan Hilir menindaklanjuti untuk memberikan pengertian tersebut," tutupnya.[manan]
loading...
TAG