Verifikasi dan Validasi Data Bansos di Kapuas Ditarget Klir Akhir 2019

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas menargetkan validasi dan verifikasi data program Bantuan Sosial (Bansos) selesai hingga akhir 2019 ini.
"Kita komit di 2019 ini proses verifikasi dan validasi data itu selesai, sehingga memasuki tahun 2020 sebagaimana arahan dari Kementerian semua penerima bantuan sosial wajib masuk dalam basis data terpadu," kata Budi Kurniawan, Kadinsos Kapuas, usai memimpin Rakor PKH di aula Perindagkop, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Rabu (9/10/2019).
Verifikasi dan validasi data tersebut, lanjut dia, juga diperuntukan bagi Keluarga penerima manfaat (KPM) PKH, yang sebagian sudah graduasi mandiri atau naik kelas.
Graduasi mandiri yang dimaksud, artinya penerima manfaat atau KPM PKH sudah bisa lepas dari program bansos yang selama ini diberikan pemerintah. Hal itu karena penerima manfaat dinilai telah mandiri secara ekonomi serta tidak lagi memenuhi syarat kondisional sebagai KPM PKH.
"Yang memang sudah masuk dalam masa graduasi atau mandiri ini juga menjadi perhatian, agar program ini berjalan dengan baik," imbuh Budi.
Sementara itu Koordinator PKH Provinsi Kalimantan Tengah, Abdul Hamid menambahkan, graduasi PKH mandiri itu ditargetkan penurunannya sebesar 10 persen untuk tahun ini.
"PKH ini ditargetkan 10 persen untuk digraduasi mandiri sejahtera atau dengan kata lain harus berkurang," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG