Vaksinasi Hewan Peliharaan, Distan Kapuas Terjun ke Lokasi Terdampak Banjir

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Untuk memberikan rasa tenang pada warga terhadap hewan peliharaannya agar terbebas dari virus rabies yang membahayakan manusia, maka dilakukan vaksinasi.
Kali ini tim kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, melakukan vaksinasi hewan peliharaan di Desa Sei Hanyo dan Sei Pinang Kecamatan Kapuas Hulu.
Wilayah ini sendiri terkena dampak banjir, di mana wilayahnya bersebelahan dengan Kecamatan Mandau Telawang yang terkena musibah banjir akibat intensitas hujan deras dan luapan daerah aliran sungai.
"Sebelumnya kami tidak mengetahui kalau di wilayah itu juga terdampak banjir, tapi vaksinasi tetap kami lakukan di dua desa itu," kata drh Anik Ariswandani, Kasi Keswan Distan Kapuas, Selasa (29/10/2019).
Bersama satu orang pihak kecamatan setempat, mereka dibantu dipinjami warga sebuah kelotok untuk mendatangi pemukiman warga demi melaksanakan vaksinasi, mengingat kondisi jalan di sana saat itu tergenang air dan berubah jadi sungai.
Alhasil, ratusan hewan peliharaan warga pun dapat divaksinasi.
"Sambutan warga sangat baik, mereka bersedia melakukan vaksin hewan-hewan peliharaannya," imbuh Anik.
Program vaksinasi rabies hewan peliharaan itu, kata Anik, dilakukan secara rutin pada pemukiman warga.
"Selain itu juga dilakukan pengobatan ternak anjing karna rata-rata anjing terkena penyakit scabies dengan gejala gatal atau kudis," pungkas Anik.[zulkifli]
loading...
TAG