Terobosan Baru, Diskominfo Kapuas Gunakan Buku Tamu Elektronik

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sistem buku tamu elektronik atau electronic guestbook (E-Guestbook) merupakan sebuah aplikasi buku tamu digital untuk memudahkan dalam melakukan registrasi atau pendataan tamu maupun pengunjung yang datang. E-Guestbook ini sebagai pengganti buku tamu konvensional.
Sistem tersebut tampaknya telah diterapkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas dalam beberapa waktu ini.
Kepala Dinas Kominfo Kapuas, H Junaedi mengatakan, semua tamu yang datang akan mengetikan identitas, tujuan serta nomor handphone di komputer yang telah disediakan dan dilayani petugas front office.
"Tujuan diterapkannya buku tamu elektronik ini adalah supaya bisa menyimpan seluruh data tamu," kata H Junaedi kepada wartawan, Jumat (25/10/2019).
Tidak hanya identitas, lanjut dia, wajah tamu yang ada nanti juga secara otomatis tersimpan dalam server tersebut.
Data dari buku tamu elektonik ini dinilai lebih akurat dan valid dibandingkan buku tamu konvensional
“Kelebihannya bisa mendeteksi masuk dan keluarnya pengunjung yang datang ke dinas karena ada history tamu yang datang," imbuh mantan Kabag Kemas Kesra Ini.
Menurutnya, berkembangnya era teknologi sekarang ini, penggunaan buku tamu secara konvensional dirasa kurang praktis dan efisien. Terlebih harus mengarsip data pengunjung secara manual ditambah jika penulisan baik nama, alamat atau bahkan nomor telefon kurang jelas tentu akan cukup melelahkan dan merepotkan.[zulkifli]
loading...
TAG