Sosialisasikan PKH, Dinsos Kapuas Terus Validasikan Data

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas saat ini gencar melakukan sosialisasi bantuan sosial (Bansos) yang disalurkan pemerintah pusat, salah satunya Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH.
Kepala Dinsos Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, PKH ini adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.
"Kita berharap program ini akan terus berjalan, karna dapat berperan untuk mengentaskan kemiskinan," ucap Budi Kurniawan, usai sosialisasi PKH di Auala Bappeda, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Selasa (8/10/2019).
Di Kabupaten Kapuas sendiri, menurutnya, sejak bergulirnya program pada 2017 hingga 2019 telah terjadi penurunan angka kemiskinan.
Dalam upaya penyaluran berbagai Bansos, pihaknya terus melakukan update data, validasi dan verifikasi data terus dilakukan sebagai dasar pengajuan bantuan tersebut.
"Untuk penyaluran Bansos ini mengacu pada ketersedian dan validasi data," imbuh mantan Camat Bataguh ini.
Untuk itu, lanjutnya, Dinas Sosial Kapuas terus melakukan verifikasi faktual (verfal) data, agar penyaluran itu tepat sasaran.
"Upaya mengintegrasikan bantuan sosial ini didasarkan pada data terpadu yang diupdate berkala melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation atau SIKS-NG, yaitu sistem informasi pengelolaan data terpadu," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG