SMAN 3 Sampit Gelar Uji Coba Tes Bakat Skolatik

Print Friendly and PDF
SAMPIT - SMA Negeri 3 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar Tes Bakat Skolastik (TBS), Selasa (1/10/2019). Ini bertujuan untuk penelusuran bakat dan minat kepada para siswa yang duduk di kelas XII.
Hasil dari TBS ini nantinya digunakan untuk memberikan informasi kepada sekolah mengenai potensi belajar para peserta didik.
Kepala SMA Negeri 3 Sampit, Drs H Livenur Hasby mengatakan, untuk wilayah Kotim sendiri baru sekolah yang dipimpinnha yang telah menggelar TBS ini.
"Yang mengikuti tes ini adalah siswa kelas XII sebanyak 263 yang terbagi dalam 3 sesi," katanya kepada kabarkalteng.com.
Ia menambahkan, kegiatan yang digelar di laboratorium komputer SMAN 3 ini, 1 sesi diikuti oleh 88 siswa dengan waktu selama 1,5 jam dan waktu istirahat 1 jam.
"Pemberlakuan TBS ini sama seperti pelaksanaan UNBK dan materinya di kemas dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan dan dari Pusat penilaian pendidik," jelasnya.
Menurutnya, kegiatan ini adalah dalam rangka pihak sekolah memberikan pelayanan kepada para peserta didik tentang potensi belajar yang bisa dilihat secara verbal maupun secara akademik sebelum siswa menghadapi ujian nasional (UN).
Terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 3 Sampit, Pariyan SPd mengatakan, dengan TBS ini pihak sekolah akan memperoleh gambaran potensi siswa peserta didik dalam menggunakan logika verbal, logika numerik, dan kemampuan siswa dalam mengorganisasi informasi untuk menyelesaikan masalah secara sistematik.
"Dengan mengikuti kegiatan seperti ini diharapkan hasilnya nanti pihak sekolah akan mengetahui apabila ada siswa yang memerlukan bantuan. Selanjutnya sekolah akan memberikan bantuan melalui bimbingan konseling kepada peserta didik yang membutuhkannya," pungkasnya.[tomi]
loading...
TAG