Pulpis dapat Program Serasi 9500 Hektare

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Untuk memaksimalkan potensi lahan rawa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau akan melaksanakan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau Serasi dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.
Kadistan Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan, tujuan dari program ini tidak lain upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan masyarakat petani di Kabupaten Pulang Pisau.
"Alhamdulillah untuk Pulpis kita mendapatkan lahan seluas 9500 hektar untuk program Serasi ini," ujar Slamet saat dikonfirmasi sejumlah awak media, Rabu (30/10/2019) di kantor Distan setempat usai Sosialisasi Kegiatan Optimasi Lahan Rawa Mendukung Kegiatan Serasi di Kabupaten Pulang Pisau.
Dijelaskan Slamet, sebelumnya Pemerintah Pusat telah mengalokasikan luasan lahan sebesar 500 ribu hektar untuk wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sumatera Selatan (Sumsel) dengan masing-masing menerima luasan sebesar 250 ribu hektare.
Hanya saja, untuk wilayah Kalsel ada kendala teknis (red), hingga sebanyak 50 ribu hektare dialihkan ke wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), termasuk Kabupaten Pulang Pisau menerima alokasi luasan lahan sebesar 9500 hektare.
"Kita diberi waktu kurang lebih 1,5 bulan untuk merealisasikan program Serasi ini. Melihat kondisi tersebut, kita (Distan) minta pendampingan lapangan baik dari TNI, Kejaksaan (TP4D), media dan masyarakat agar di lapangan tidak terjadi kendala berarti," tutur Slamet.
Ia menambahkan, sejauh ini tim sudah melakukan survey desain lapangan. Untuk wilayah yang akan melaksanakan program ini terbagi di 4 kecamatan di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau, yakni Kecamatan Pandih Batu, Maliku, Kahayan Kuala (Bahaur), dan Sebangau Kuala).
"Intinya lokasi penyaluran program sudah dilakukan survey desain, output gambar dan RAB-nya," tutup Slamet.[manan]
loading...
TAG