Program Serasi, Upaya Pemkab Pulpis Tingkatkan Produktivitas Padi

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Untuk memaksimalkan potensi lahan rawa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Pemerintah Kabuapten melalui Dinas Pertanian (Distan) setempat akan melaksanakan program Kementerian Pertanian (Kementan), yakni Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau disingkat Serasi.
"Upaya ini, untuk menambah produksi padi dan meningkatkan kesejahteraan petani di Pulang Pisau yang memiliki potensi terbesar kedua setelah Kabuapten Kapuas sebagai daerah lumbung padi terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)," kata Kadistan Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto saat dikonfirmasi wartawan media ini, Kamis (24/10/2019).
Sejauh ini, terang Slamet, pihak tengah melakukan tahap survei lapangan untuk menyusun desain dan RAB-nya.
"Insyallah juga dalam waktu dekat ini akan kita lakukan rapat-rapat teknis dan sosialisasikan dengan pihak TP4D dan TNI. Setelah itu kita susun RUK nya, dan Senin depan sudah mulai bekerja kita," kata Slamet.
Program ini sendiri, lanjut Slamet, akan disalurkan ketiga kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, yakni Kecamatan Pandih Baru, Maliku, Kahayan Kuala.
"Program serasi ini tidak lain ialah untuk menata air, seperti pembuatan jaringan, tanggul, dan saluran tersier. Tujuannya sendiri, program ini untuk peningkatan produktivitas padi," tukasnya.
Ia berharap dengan adanya program ini, kedepan  sektor pertanian di Bumi Handep Hapakat ini terus meningkat dan berkembang, khususnya produktivitas padi.[manan]
loading...
TAG