Program Listrik Masuk Desa di Kapuas Diharapkan Terus Berlanjut

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengharakan agar program listrik desa dapat terus terlaksana, khususnya di Kabupaten Kapuas yang masih banyak belum mendapat listrik.
Hal ini dikatakan Ahmad M Saribi, Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas, Jumat (4/10/2019).
"Harapan pak Bupati tentunya agar program listrik desa ini terus berkelanjutan," ucapnya.
Mengingat, lanjut dia, luasnya wilayah dan masih terdapat 61 desa yang belum berlistrik dari 214 desa di Kabupaten Kapuas.
Menurut Saribu Bupati Kapuas tetap memberikan dorongan dan dukungan agar program listrik desa dapat terus berjalan terutama  pada Ibukota Kecamatan Pasak Talawang dan Kecamatan Mandau Talawang yang belum belistrik.
"Beliau menekankan kepada pihak PLN agar dapat berkoordinasi dengan unsur pemerintah ketika terjadi kendala saat dilapangan supaya dapat segera dicarikan jalan keluar sehingga tidak menghambat kegiatan yang dilaksanakan," terangnya.
Selain itu, mengimbau kepada masyarakat yang lahannya dilintasi proyek agar dapat merelakan dan tidak menuntut ganti rugi ketika tanamannya dipangkas dan ditebang saat pengerjaan jaringan listrik.
Dikatakannya, Diskominfo Kapuas
Kabupaten Kapuas menyimpan potensi terbarukan yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan bersama antara PT PLN (persero) dan Pemerintah Kabupaten Kapuas.
"Potensi tersebut antara lain rencana pembangunan bendungan di Desa Tumbang Manyarung," katanya.
Yang mana itu dapat dikembangkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga mikrohidro (PLTMH) maupun air terjun Masupa Ria yang dapat menjadi sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
"Diharapkan kerjasama yang dapat terjalin baik antara Pemerintah Kabupaten Kapuas dan PT PLN (persero) dapat terus terjaga dan ditingkatkan demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.[zulkifli]
loading...
TAG