Polsek Gunung Bintang Awai Amankan Pelaku Pembakar Lahan

Print Friendly and PDF
BUNTOK - HN (58) warga Desa Palurejo, pelaku pembakaran hutan dan lahan ini diamankan Kepolisian Sektor (Polsek) Gunung Bintang Awai (GBA) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Selasa (24/9/2019) lalu.
Kapolsek GBA, Iptu Rahmat Saleh Simamora mewakili Kapolres Barsel, AKBP Wahid Kurniawan mengungkapkan, pihaknya bersama, anggota Koramil 1012-12 Tabak Kanilan dan pegawai Kecamatan setempat melakukan Patroli untuk mengecek kebakaran hutan dan dan lahan di areal PT MUTU.
"Tak berselang lama kami menemukan pelaku dan ia juga mengaku telah melakukan pembakaran lahannya untuk rencana menanam padi sejak hari Senin 23 September 2019 tetapi sebagian masih ada sisa pembakaran pada Selasa 23 September 2019 lalu," ungkap Kapolsek, Kamis (3/10/2019).
Diuraikannya, pada Kamis (3/10/2019) kemarin pihaknya juga menggelar reka ulang di TKP dan pelaku dengan serius memperagakannya.
Adapun barang bukti yang diamankan, diantaranya, satu potong kayu yang telah terbakar dengan panjang sekitar 35 cm, satu potong kayu yang telah terbakar dengan panjang sekitar 15 cm serta satu buah korek api gas.
"Pelaku menjalani proses hukum sesuai dengan Perda Provinsi Kalimantan Tengah nomor 5 tahun 2003 tentang Pengendalian Kebakaran dan Hutan dengan ancaman hukuman kurungan dan denda," tegas Kapolsek.[laily]
loading...
TAG