Pimpin Upacara, Bupati Edy: Pancasila Pedoman Hidup Berbangsa dan Bernegara

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Bupati Kabupaten Pulang Pisau H Edy Pratowo memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Pulang Pisau yang dipusatkan di halaman Kantor Dinas Pendidikan setempat, Selasa (1/10/2019).
Hadir pada upacara ini Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau H Ahmad Rifai, Wakil Bupati Pudjiastuty Narang, Forkuminda, Kepala OPD, ASN, dan tenaga kontrak atau honorer di lingkungan Kabupaten Pulang Pisau.
Bupati Edy mengatakan, melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pihaknya berharap agar seluruh masyarakat menjaga nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, dan semoga Pancasila benar-benar dapat di pedomani dalam hidup berbangsa dan bernegara.
Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya komunisme, radikalisme, dan rasisme. Salah satunya adalah dengan menghadirkan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan, sehingga masyarakat bisa merasakan nilai tersebut secara nyata.
"Bila kita mengamalkan setiap butir dari isi dan makna Pancasila maka pemahaman-pemahaman atau idiologi yang membahayakan kedaulan NKRI akan terhindar. Contoh disila kelima yang menyerukan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kalau dikehidupan dapat menerapkan nilai ini maka insyaAllah, ideologi-ideologi alternatif yang dipaksakan tidak akan menembus," katanya dengan cukup singkat.
Sementara, diakhir upacara diberikan penghargaan berupa pemberian bantuan kepada siswa berprestasi, yakni Dewi Puspita Sari sebagai Putri Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, dan Putri Kreasi tingkat Nasional tahun 2019 sebagai perwakilan Kabupaten Pulang Pisau.[manan]
loading...
TAG