Peringatan HSN 2019, Bupati Ben Jamu Ribuan Santri Makan di Rujab

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Kabupaten Kapuas ditandai dengan upacara bendera di halaman Pondok Pesanten Antang, Jalan Tjilik Riwut, Gg Damai, Kuala Kapuas, Selasa (22/10/2019).
Bupati Kapuas, Ben Brahim bertindak selaku pembina upacara HSN 2019. Dalam sambutannya Ben menyampaikan tema peringatan hari santri kali ini adalah "Santri Indonesia untuk perdamaian dunia".
"Isu perdamaian diangkat berdasar fakta, bahwa bahwa pesantren adalah laboratorium perdamaian," kata Ben.
Dalam peringatan hari santri kali ini, menurutnya ada hal yang istimewa dengan hadirnya Undang-Undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren.
"Hadirnya undang-undang ini, negara hadir memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitas kepada pesantren namun tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya, selain itu negara mengakui bahwa tamatan pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lembaga lainnya," paparnya.
Usai mengikuti upacara, ribuan santri melakukan kirab berjalan menuju rumah jabatan Bupati Kapuas. Selanjutnya dilakukan sesi dialog interaktif dan jamuan makan bersama oleh Bupati Kapuas Ben Brahim kepada ribuan santri.
"Kami sampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati Kapuas yang sudah menyiapkan jamuan makan bagi ribuan santri pada hari ini, tercatat tadi ada 2.000-an santri, dan ternyata sudah disiapkan 2.500 sekali lagi ini kita sampaikan terima kasih," kata H Junaedi, Ketua panitia HSN 2019.[zulkifli]
loading...
TAG